Kamis, 18 Mei 2017

Cara Cepat & Sangat Mudah Membuat Clipping Mask di Photoshop CS6

Sebelum membahas cara mem buat Clipping Mask, berikut adalah sedikit penjelasan tentang Clipping  Mask. yaitu sebuah mode dimana kita bisa membuat bentuk foto atau gambar mengikuti bentuk pada bidang yang kita tentukan. Dengan mengkombinasikan beberapa objek dengan objek lainnya, kita bisa saja dengan mudah membuat desain-desain yang menarik sesuai dengan kreatifitas dan kreasi kita.

Dibawah ini merupakan contoh clipping mask yang saya buat.

 




Untuk lebih jelasnya langsung saja kita mulai :


1. Langkah awal sebagai contoh saya mengetik atau membuat tulisan AKU, seperti gambar di bawah ini, tapi kalau kalian mau coba objek-objek lain juga bisa kok.















2. Langkah selanjutnya klik file lalu pilih place, untuk menambah objek clipping-nya. Untuk objek clipping-nya kalian bisa pilih gambar, foto atau apapun sesuai selera masing-masing. Disini saya memilih bacground water color hasil download gratisan :D




















3. Setelah memilih objek clipping yang akan dibuat, maka akan muncul gambar di bawah ini  pastikan objek clipping selalu berada diatas objek yang ingin dibuat Clipping Mask-nya.



4. Atur ukuran objek sesuai selera masing-masing dengan menartik titik yang ada pada objek atau gambar, lalu klik enter.



5. Selanjutnya klik layer pada objek clipping-nya, disini saya menamai layer dengan background warna seperti gambar dibawah ini. lalu klik kanan dan pilih Clipping Mask. 














































6.Tada!! Clipping Mask berhasil dibuat, gampang bukan. Objek clipping bisa digeser-geseruntuk mendapat warna sesui selera masing-masing sekali lagi.




Contoh lain dari Clipping Mask yang saya buat dengan cara yang sama.






Semoga tutorial yang saya buat dapat bermanfaat, mohon maaf kalau ada salah-salah penyebutan nama karena saya masih pemula hihi.. 
Terimakasih 

Selamat mencoba, Fighting :*








Tidak ada komentar:

Posting Komentar